Abstract:
Pelayanan kesehatan merupakan faktor utama yang mempengaruhi
kepuasan pasien,kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu pelayanan
kesehatan. Rumah sakit dituntut untuk menjaga kepercayaan konsumen. Kualitas
pelayan sehingga dapat mempengaruhikeinginan pasien dalam meningkatkan
kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan. Salah satu pengguna pelayanan
kesehatan adalah peserta badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) yang
termasuk didalamnya penerima bantuan iuran (PBI). Tingginya minat masyarakat
yang menjadi peserta BPJS kesehatan yang diiringi dengan kepuasan dan ketidak
puasan yang mereka dapatkan selama menjalani pelayanan kesehatan.
Berdasarkan uraian yang dikemukakan yang menjadi rumusan maslah dalam
penelitian ini adalah Bagaimana Efektivitas Pelayanan BPJS terhadap Pasien
Bantuan Iuran(PBI) di Rumah Sakit Umum Dr Ferdinand lumbantobing Sibolga.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas
pelayanan BPJS terhadap pasien bantuan iuran (PBI) di Rumah Sakit Umum
Sibolga. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualintatif serta teknik pengumpulan data dengan melakukan
wawancara dan observasi sehingga mendapat data yang informatik dan
orientik.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum
efektivitas pelayan BPJS terhadap Pasien Bantuan Iuran sudah berjalan dengan
baik dan efektif. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini Pasien
pengguna Bantuan Iuran (PBI) Mengenai persyaratan untuk mendapatkan kartu
BPJS PBI sudah berjalan dengan baik dan sudah Efektif dan pelayanan yang
diberikan sudah dikategorikan bermutu dan Efesien sesuai dengan prosedur yang
ada di Rumah Sakit Umum Dr. Ferdinand Lumbantobing Sibolga. Hanya saja
komunikasi yang diberikan pihak rumah sakit belum sepenuhnya baik dan lancar