Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang
terdapat dalam paragraf argumentasi oleh siswa Kelas IX SMP Swasta Bandung
tahun pembelajaran 2017-2018. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas IX-A
SMP Swasta Bandung yang berjumlah 28 orang. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa Kelas IX-A SMP Swasta Bandung yang berjumlah 28 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian
ini hanya mendeskripsikan kesalahan diksi dalam paragraf argumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kesalahan dari aspek ketidaktepatan adalahpilihan
kata yang digunakan tidak sesuai dengan apa yang ingin diungkapkan dan tidak
sesuai dengan makna sehingga menjadi tidak terterima. Seperti pada penggunaan
kata bermodalkan, ketimbang, seoleh-oleh, horisontal, sikap yang jelas. Kesalahan
dari aspek ketidakcermatan adalah pilihan kata yang digunakan menimbulkan
makna kalimat yang rancu dan menggunakan kata yang tidakbaku. Seperti pada
penggunaan kata mendadak, dinaikkan, meluncur, menyemburkan