dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kegiatan supervisi
akademik pengawas sekolah di Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Al Fauzi Medan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik
pengawas sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Sekolah Dasar Swasta
Islam Terpadu Al-Fauzi. Pendekatan atau metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kualitatif deskriptif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah peneliti
sendiri. Sementara yang menjadi objek penelitian adalah Pengawas Sekolah Dasar di
Kecamatan Medan Amplas yang bertugas pada sekolah binaan wilayah II serta kegiatan
perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut supervisi akademik pengawas sekolah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik pengawas
sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru Sekolah Dasar Swasta Islam
Terpadu Al-Fauzi Medan adalah sebagai berikut: Pertama, pelaksanaan supervisi
akademik pengawas sekolah pada SDS IT Al Fauzi Medan belum maksimal. Hal
tersebut terlihat dari sikap dan perilaku pengawas sekolah ketika datang ke sekolah
melakukan kegiatan supervisi akademik, durasi waktunya hanya sebentar sehingga
untuk membimbing guru secara maksimal sangat sulit. Kedua, profesionalisme guru
SDS IT Al Fauzi Medan memiliki tingkat kemampuan yang berbeda. Ada yang sudah
baik dan ada yang sudah cukup baik. Ketiga, supervisi akademik pengawas sekolah di
SDS IT Al-Fauzi belum dapat meningkatkan profesionalisme guru, guru lebih banyak
mendapatkan pengetahuan tentang administrasi kelas, cara mengelola kelas dan cara
mengatasi kendala-kendala yang ditemui dalam proses pembelajaran dari kegiatan
MGMP ataupun arahan dari kepala sekolah. Untuk itu diharapkan pelaksanaan
supervisi akademik pengawas sekolah yang meliputi pembinaan, pemantauan dan
penilaian serta bimbingan profesionalitas guru hendaknya dilaksanakan secara
terjadwal, sistematis dan berkesinambungan, profesionalisme guru dalam bidang
penguasaan bahan ajar, pengelolaan kelas, penggunaan media dan sumber pengajaran
harus lebih ditingkatkan, serta pengawas sekolah dasar dapat melaksanakan tugas
pokok dan fungsinya secara maksimal dengan memanfaatkan teknologi untuk
mengoptimalkan kinerjanya yang akan berimbas pada peningkatan profesionalisme
guru di SDS IT Al Fauzi Medan. |
en_US |