Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Snowball Throwing terhadap Kemampuan Menentukan Struktur Teks Anekdot
oleh Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017-
2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Muhammadiyah
1 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah 80 siswa yang terdiri
dari tiga kelas dan menggunakan dua kelas sebagai sampel yang terdiri dari 60
siswa yaitu 30 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran
Snowball Throwing dan 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan
metode konvensional. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Tes untuk
memperoleh data kemampuan menentukan struktur teks anekdot digunakan tes
dalam bentuk essai. Dalam hal ini siswa mempraktikkan dengan sangat cermat
dan secara berkelompok. Hasil penelitian kemampuan menentukan struktur teks
anekdot kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018
berada pada tingkat sangat baik dengan nilai rata-rata 85,10 dalam kelas
eksperimen. Sedangkan kemampuan menentukan struktur teks anekdot
menggunakan rumus uji-t diketahui thitung = 7,65 .
Hasil penelitian ini menunjukkan thitung diperoleh, selanjutnya dikonsultasikan
dengan ttabel pada tarif signifikan α = 0,05 dengan dk (n1 + n2)-2 dk (30+30)-2 =
58, maka dapat ttabel = 1,672. Oleh karena itu thitung > ttabel yaitu 7,65 > 1,627.
Dengan demikian hipotesis berbunyi “terdapat pengaruh model pembelajaran
Snowball Throwing terhadap kemampuan menentukan struktur teks anekdot.