Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar menulis cerpen
menggunakan metode drill dan menggunakan metode resitasi oleh siswa kelas XI SMK
BM Harapan Mekar Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Harapan Mekar Medan. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI SMK BM Harapan Mekar Medan yang berjumlah 120
orang siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas XI AP 1, kelas XI AP 2 dengan jumlah
siswa 60 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode drill lebih baik dari pada
mengguanakan metode pembelajaran resitasi dan dapat meningkatkan hasil belajar
menulis cerpen. Hal ini ditandai dengan diterimanya hipotesis alternatif yang diajukan
dengan harga thitung > ttabel (1,73>1,672). Artinya nilai thitung lebih besar dari ttabel .Sehingga
dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode drill lebih baik terhadap kemampuan
menulis cerpen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
penggunaan metode drill dapat direkomendasikan dalam proses belajar mengajar di
sekolah.