Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Smp Harapan Mekar Medan T.P. 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Kartyas, Sari Dewi
dc.date.accessioned 2020-03-01T08:29:04Z
dc.date.available 2020-03-01T08:29:04Z
dc.date.issued 2019-10-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1115
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Harapan Mekar Medan T.P 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing Terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa SMP Harapan Mekar Medan T.P. 2019/2020. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri atas dua kelas yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII A dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII B yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis berbentuk Pilihan berganda dan uraian, dimana soal pilihan berganda diuji untuk mengetahui kemampuan awal matematika siswa dengan jumlah soal sebanyak 20 butir dan soal kemampuan komunikasi matematika dilakukan dengan menggunakan instrument posttest dalam bentuk uraian dengan jumlah soal sebanyak 5 butir. Berdasarkan hasil analisis data tes di kelas eksperimen 1 diperoleh mean 75,15 dan untuk data tes di kelas eksperimen 2 diperoleh mean 70,29. Penelitian ini menggunakan uji Shapiro Wilk untuk mengetahui apakah data yang diteliti berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji Ancova dengan bantuan SPSS 22.0 for Windows. Dari data perhitungan hipotesis didapat Fhitung > Ftabel, yaitu 29,949 > 3,99 maka H0ditolak. Karena H0 ditolak, berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan komunikasi matematika siswa, dan dengan sig < 0,05, dimana 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pada tingkat kepercayaan 95% terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa. en_US
dc.subject Kemampuan Komunikasi Matematika en_US
dc.subject Snowball Throwing en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Smp Harapan Mekar Medan T.P. 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account