Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model
pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Peningkatan Kemampuan
Komunikasi Matematika Siswa SMP Harapan Mekar Medan T.P 2019/2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model
pembelajaran Snowball Throwing Terhadap peningkatan kemampuan komunikasi
matematika siswa SMP Harapan Mekar Medan T.P. 2019/2020. Populasi pada
penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri atas dua kelas yang
berjumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random
sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII A dengan
jumlah siswa sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII B
yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen penelitian
menggunakan tes tertulis berbentuk Pilihan berganda dan uraian, dimana soal
pilihan berganda diuji untuk mengetahui kemampuan awal matematika siswa
dengan jumlah soal sebanyak 20 butir dan soal kemampuan komunikasi
matematika dilakukan dengan menggunakan instrument posttest dalam bentuk
uraian dengan jumlah soal sebanyak 5 butir. Berdasarkan hasil analisis data tes di
kelas eksperimen 1 diperoleh mean 75,15 dan untuk data tes di kelas eksperimen 2
diperoleh mean 70,29. Penelitian ini menggunakan uji Shapiro Wilk untuk
mengetahui apakah data yang diteliti berdistribusi normal. Pengujian hipotesis
dilakukan menggunakan uji Ancova dengan bantuan SPSS 22.0 for Windows. Dari
data perhitungan hipotesis didapat Fhitung > Ftabel, yaitu 29,949 > 3,99 maka H0ditolak. Karena H0 ditolak, berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada
kemampuan komunikasi matematika siswa, dan dengan sig < 0,05, dimana 0,000
< 0,05 maka H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pada tingkat kepercayaan
95% terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap
peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa.