Research Repository

Analisis Semiotika Iklan Parfum Di Majalah Bobo

Show simple item record

dc.contributor.author Oktaviani, Suci
dc.date.accessioned 2020-11-13T07:23:52Z
dc.date.available 2020-11-13T07:23:52Z
dc.date.issued 2018-03-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11158
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengkodean iklan parfum yang terdapat di majalah Bobo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena iklan banyak menggunakan citra sebagai kemasan yang lebih ditonjolkan dalam menawarkan produk kepada masyarakat, sehingga informasi tentang produk tersebut menjadi tak terlihat oleh kuatnya pencitraan produk. Serta bahasa yang digunakan terkadang terlalu formal, sehingga masyarakat biasa yang berlatarbelakang tidak berpendidikan menjadi tidak paham dan tidak peduli terhadap iklan yang ada di sekitarnya. Akibatnya masyarakat luas yang diposisikan sebagai target sasaran dari iklan tersebut tidak akan peduli dan mengabaikan pesan yang disampaikan, dan akhirnya pesan yang ingin disampaikan menjadi sia-sia. Lokasi penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Karena tempat penelitian ini banyak memperoleh teori-teori yang relevan mudah didapatkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan contoh-contoh, mendokumnetasikan serta menuliskan. Sementara itu, instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini adalah catatan dan tabel. Hasil penelitian ini, terdapat temuan pengkodean dalam iklan parfum, Kode semik : Adalah kode konotatif banyak menawarkan banyak sisi. Pada iklan ini terdapat 5 kode semik , Kode hermeneutik : Adalah kode teka-teki berkisar pada harapan pembaca untuk mendapatkan kebenaran. Pada iklan ini terdapat 1 kode hermeneutik. Kode simbolik : Adalah aspek pengkodean fiksi yang paling khas bersifat struktural. Pada iklan ini terdapat 1 kode simbolik. Kode proaretik : Adalah kode tindakan/lakuan dianggapnya sebagai perlengkapan utama teks yang dibaca orang. Pada iklan ini terdapat 1 kode proaretik. Kode gnomik : Adalah kode kultural yang sudah diketahui dan dikosifikasi oleh budaya. Pada iklan ini terdapat kode 2 gnomik. en_US
dc.subject Analisis Semiotika en_US
dc.subject Iklan Parfum en_US
dc.title Analisis Semiotika Iklan Parfum Di Majalah Bobo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account