Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model
Discovery Learningterhadap Kemampuan Menemukan Pronomina dalam Teks
Eksposisi oleh Siswa Kelas X SMK PAB 3 MEDAN ESTATE Tahun
Pembelajaran 2017-2018.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 3
MEDAN ESTATE dengan populasi berjumlah 70 Orang dan sampel berjumlah 70
orang. Berdasarkan kerangka teoritis dan kerangka konseptual dapat dirumuskan
bahwa hipotesis dalam penelitian ini adalah: “Ada Pengaruh Model Discovery
Learning (DL) terhadap Kemampuan Menemukan Pronomina dalam teks
Eksposisi oleh Siswa Kelas X SMK PAB 3 MEDAN ESTATE Tahun
Pembelajaran 2017-2018”. Dalam pelaksanaan penelitian ini, penulis
menggunakan metode eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat
apakah ada perbedaan hasil sebagai akibat adanya perbedaan perlakuan yang
diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.Instrument yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menemukan pronomina dalam teks
eskposisi.
Setelah menghitung dan mengolah data dari penelitian yang telah
dilakukan makan diperoleh hasil thitung = 5,92 Selanjutnya hasil thitung ini
dibandingkan dengan harga ttabel dengan taraf signifikan α= 0,05 % sehingga
diperoleh dengan dk= N1+N2-2= 68 maka diperoleh ttabel = 1,67 dengan demikian
dapat diketahui thitung> ttabel yaitu 5,92>1,67. Hal ini menunjukkan bahwa model
Discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan menemukan pronomina
dalam teks eksposisi.