Research Repository

Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerpen Rubrik Taman Riang Di Harian Analisa

Show simple item record

dc.contributor.author Simbolon, Suci Mardiana
dc.date.accessioned 2020-11-13T06:55:03Z
dc.date.available 2020-11-13T06:55:03Z
dc.date.issued 2018-04-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11147
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter religius, jujur, toleransi, mandiri, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tau, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab dalam cerpen Rubrik Taman Riang di Harian Analisa Edisi: Minggu 7 Mei 2017 (Rahasia di Balik Kepintaran Nala), Minggu 9 Juli 2017 (Ceritaku dan Teman “Jujur”), Minngu 13 Agustus 2017 (Ku Kibarkan Benderaku), Minggu 26 November 2017 (Aku dan Buku). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data adalah menganalisis segala data yang berhubungan dengan nilai pendidikan karakter dengan cara mengumpulkan cerpen edisi: Minggu 7 Mei 2017 (Rahasia di Balik Kepintaran Nala), Minggu 9 Juli 2017 (Ceritaku dan Teman “Jujur”), Minngu 13 Agustus 2017 (Ku Kibarkan Benderaku), Minggu 26 November 2017 (Aku dan Buku), membacanya secara teliti dan berulang-ulang, mengumpulkan data yang relevan, menganalisis nilai pendidikan karakter sesuai dengan pendekatan karakter yang sudah ditentukan. Dari hasil keseluruhan penelitian ini 18 nilai pendidikan karakter yang menjadi aspek dalam penelitian ini. Cerpen edisi Minggu 7 Mei 2017 (Rahasia di Balik Kepintaran Nala) memiliki 6 nilai pendidikan karakter yaitu: disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, mandiri, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif. Cerpen edisi Minggu 9 Juli 2017 (Ceritaku dan Teman ‘Jujur”) memiliki 10 nilai pendidikan karakter yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, demokratis, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, tanggung jawab. Cerpen edisi Minggu 13 Agustus 2017 (Ku Kibarkan Benderaku) memiliki 4 nilai pendidikan karakter yaitu: mandiri, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif. Cerpen edisi Minggu 26 November 2017 ( Aku dan Buku) memiliki 5 nilai pendidikan karakter yaitu: disiplin, kerja keras, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa cerpen Rubrik Taman Riang di Harian Analisisa memiliki ke 18 nilai pendidikan karakter yang bisa dijadikan tolak ukur dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter en_US
dc.subject Analisis Nilai Pendidikan en_US
dc.subject Karakter Dalam Cerpen Rubrik en_US
dc.title Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerpen Rubrik Taman Riang Di Harian Analisa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account