Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan matematika realistik (PMR) dapat meningkatkan
kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode literature review yaitu kegiatan
menelaah dan/atau mengeksplorasi beberapa jurnal, buku, dan dokumen-dokumen
(baik yang berbentuk cetak maupun elektronik) serta sumber-sumber data dan
informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yakni metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalahan
informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan
membaca ulang pustaka serta memperhatikan komentar pembimbing. Berdasarkan
hasil analisis data dari jurnal-jurnal yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik (PMR) dapat
meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar siswa.
Siswa lebih mudah menyerap pelajaran dan menyelesaikan soal dengan baik karena
sesuai dengan kehidupan sehari-hari yang mereka ketahui, siswa lebih aktif dalam
menyelesaikan pembelajaran disebabkan konsep dasar pembelajaran sudah sesuai
dengan pengetahuan mereka. Siswa menjadi lebih percaya diri dan berani dalam
mengemukakan pendapatnya. PMR juga dapat meningkatkan keingintahuan dan
motivasi siswa untuk menemukan solusi atau menemukan konsep matematika.