Research Repository

Pengaruh Teknik Storyboard Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Gaol, Handayani Lumban
dc.date.accessioned 2020-11-13T05:58:22Z
dc.date.available 2020-11-13T05:58:22Z
dc.date.issued 2018-10-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11129
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan melalui TeknikStoryboard terhadap Keterampilan Menulis Puisi oleh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa. Banyaknya jumlah populasi yang menjadi sampel dalam penelitian ini kelas VIII berjumlah 25 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen dengan model one group pre-test and post-test design. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa essai yaitu menulis puisi. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa keterampilan siswa menulis puisi sebelum menggunakan teknik storyboard memperoleh nilai rata-rata 64,92 termasuk dalam kategori cukup dan sesudah menggunakan teknik storyboard memperoleh nilai rata-rata 82,08 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh uji “t”, thitung diketahui = 17,8. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = N-1= 24, maka diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,06 dan 1% = 2,80 maka diperoleh thitung>ttabel yaitu17,8>15,1 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan hipotesis yang berbunyi “Adanya pengaruh yang signifikan atas penggunaaan teknik Storyboard dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. en_US
dc.title Pengaruh Teknik Storyboard Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account