dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya program dakwah yang ada
di pertelevisian Indonesia. Televisi sebagai media massa yang efektif dan
potensional bukan hanya sekedar menyampaikan pesan dan informasi tetapi juga
dapat mempengaruhi khalayak. Salam Tv sebagai media dakwah lokal memiliki
program yang informatif, edukatif dan kreatif. Jenis program yang disiarkan salah
satunya dalam bentuk hiburan drama adalah program “Sunnah yang terlupakan
episode tidur tengkurap” dengan sumber materi yang berdasarkan Al-Qur’an dan
Hadits yakni tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam.
Strategi Komunikasi Salam Tv diteliti dengan menggunakan metode
deskriptif untuk mengetahui fakta-fakta yang mendalam, menggunakan
pendekatan kualitatif untuk mengetahui data berupa tulisan maupun lisan. Melalui
analisis ini, terlihat kontruksi yang dilakukan di dalam Strategi komunikasi Salam
TV dalam mengembangkan program program dakwah.
Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang didapat adalah Salam Tv
menggunakan teori uses and gratification dan strategi komunikasi dalam
mengembangkan program program dakwah. |
en_US |