Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan Model Mastery Learning
terhadap kemampuan menentukan ragam bahasa baku dan tidak baku oleh siswa kelas X
SMK TI Muhammadiyah 9 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK TI Muhammadiyah 9 Medan Tahun
Pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah 115 orang siswa yang terdiri dari 4 kelas.
Sampel penelitian ini kelas X TKJ ditetapkan dengan cara random sampling dan
dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 27 orang dan kelas X TSM
ditetapkan dengan cara random sampling dan dijadikan sebagai kelas kontrol dengan
jumlah 30 orang. Metode penelitian ini metode eksperimen hasil penelitian yang
dilakukan, diperoleh nilai rata-rata 96,29% berjumlah 26 siswa dan 3,70 % berjumlah 1
siswa dan kelas kontrol nilai rata-rata diperoleh 3,33% berjumlah 1 siswa, 20% berjumlah
6 siswa, 40% berjumlah 12 siswa, dan 30% berjumlah 9 siswa. Dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan model Mastery Learning berpengaruh signifikan
terhadap kemampuan menentukan ragam bahasa baku dan tidak baku oleh siswa kelas X
SMK TI Muhammadiyah 9 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Hal ini terbukti
berdasarkan uji-t dengan membandingkan dibuktikan perhitungan-perhitungan
sebelumnya. Dengan demikian dapat diketahui thitung > ttabel , yaitu 7,13>1,67. Maka Ha
diterima dengan hipotesis yang berbunyi Ada Pengaruh Model Mastery Learning
terhadap Kemampuan Menentukan Ragam Bahasa Baku dan Tidak Baku oleh Siswa
Kelas X SMK TI Muhammadiyah 9 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018.