Research Repository

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Julianti, Evi
dc.date.accessioned 2020-11-13T05:01:19Z
dc.date.available 2020-11-13T05:01:19Z
dc.date.issued 2018-10-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11095
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksposisi Siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019, untuk mengetahui model pembeelajaran coperative learning Siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019 dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning terhadap kemampuan menulis teks eksposisi Siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah menengah SMK Swasta Persiapan Stabsat Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X ADP yang terdiri dari 4 kelas yaitu: kelas ADP-1 yng terdiri dari 37 orang siswa, kelas X ADP ADP-2 yang terdiri dari 37 orang siswa, kelas X ADP ADP-3 yang terdiri dari 45 siswa, dan kelas X ADP ADP-4 yang terdiri dari 45 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X ADP-1 yang berjumlah 37 orang siswa. Rata-rata kemampuan menulis siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan menggunakan metode konvensional adalah 72,97.Rata-rata kemampuan menulis siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation adalah 85,68. Terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Berdasarkan uji t dengan membandingkan harga thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 4,812 > 1,690, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation lebih baik digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat tahun pembelajaran 2018/2019 dibandingkan dengan metode konvensional. en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account