Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksposisi
Siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019,
untuk mengetahui model pembeelajaran coperative learning Siswa Kelas X ADP
SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019 dan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran cooperative learning terhadap kemampuan menulis
teks eksposisi Siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran
2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah menengah SMK Swasta Persiapan
Stabsat Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X ADP yang terdiri dari 4 kelas yaitu: kelas ADP-1 yng terdiri dari 37
orang siswa, kelas X ADP ADP-2 yang terdiri dari 37 orang siswa, kelas X ADP
ADP-3 yang terdiri dari 45 siswa, dan kelas X ADP ADP-4 yang terdiri dari 45 orang
siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X ADP-1 yang berjumlah 37 orang
siswa. Rata-rata kemampuan menulis siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan
Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan menggunakan metode konvensional
adalah 72,97.Rata-rata kemampuan menulis siswa Kelas X ADP SMK Swasta
Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan menggunakan Model
Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation adalah 85,68. Terdapat
pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group
Investigation terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Berdasarkan uji t dengan
membandingkan harga thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 4,812 > 1,690,
sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya Model Pembelajaran Cooperative
Learning Tipe Group Investigation lebih baik digunakan dalam meningkatkan
kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan
Stabat tahun pembelajaran 2018/2019 dibandingkan dengan metode konvensional.