Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan melalui
Teknik Peta Pasang Kata terhadap Keterampilan Menulis Puisi oleh Siswa Kelas
VIII SMP Swasta YWKA Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi
penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Swasta YWKA Medan Tahun
Pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa. Banyaknya jumlah populasi yang
menjadi sampel dalam penelitian ini kelas VIII berjumlah 25 siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen dengan model one group
pre-test and post test design. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa
essai yaitu menulis puisi.
Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik diperoleh hasil penelitian
sebelum menggunakan teknik peta pasang kata dengan menggunakan metode
ceramah memperoleh nilai rata-rata 63,28, sedangkan dengan sesudah menggunakan
teknik peta pasang kata memperoleh nilai rata-rata 78,44 maka pemerolehan nilai
sesudah menggunakan teknik peta pasang lebih tinggi sebesar 92% pengaruhnya
meningkatkan 23 siswa lain yang memperoleh hasil belajar baik dalam kemampuan
menulis puisi. Pada tabel persentasi antara tabel kemampuan menulis puisi sebelum
menggunakan teknik peta pasang kata mencapai 2 siswa atau setara dengan 8%
dengan kategori cukup. Berdasarkan perhitungan “t” diperoleh thitung = 17,1 kemudian
dibandingkan dengan taraf signifikansi 5% dengan df = N-1 = 24, maka diperoleh
taraf signifikansi 5% = 2,80 dan 1% = 2,06, karena to yang diperoleh lebih besar dari
ttabel yaitu 2,80 < 17,1, 23,0 > 2,06, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima dengan hipotesi yang berbunyi “Adanya pengaruh yang
signifikan atas penggunaan teknik pembelajaran Peta Pasang Kata terhadap
kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Swasta YWKA Medan Tahun
Pembelajaran 2018/2019.