Research Repository

Pengaruh Media Pembelajaran Video Dokumenter Terhadap Kemampuan Menulis Biografi Siswa Kelas VIII SMP Al-Hikmah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Tanjung, Elma Fiana
dc.date.accessioned 2020-11-13T04:42:39Z
dc.date.available 2020-11-13T04:42:39Z
dc.date.issued 2018-04-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11077
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh media video dokumenter terhadap kemampuan menulis biografi siswa kelas VIII SMP AlHikmah Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Hikmah Medan dengan populasi 59 siswa yang terdiri dari 2 kelas dan keseluruhannya dijadikan sampel penelitian. Kelas VIII 2 dijadikan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VIII 1 dijadikan sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu cara atau teknik yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang proses gejala-gejala yang ada pada suatu objek penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Kemampuan menulis biografi dengan menggunakan media video dokumenter pada kelas eksperimen baik karena 13 orang (43,33%)mencapai interval 80-100, 13 orang (43,33%) memperoleh kategori sangat baik, 15 orang (50%) memperoleh kategori baik, 2 orang (6,66%) memperoleh kategori kurang, sedangkan kemampuan menulis biografi tanpa menggunakan media video dokumenter adalah kurang baik karena 17 orang (58,6%) mencapai interval 40-45. Berdasarkan uji t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dianjurkan dengan menggunakan media video dokumenter lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar tanpa menggunakan media video dokumenter dalam kemampuan menulis biografi siswa kelas VIII SMP Al-Hikmah Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018 hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung >ttabel yaitu 2,22 > 1,532 dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,22 >1,532. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh model pembelajaran media video dokumenter terhadap kemampuan menulis biografi siswa kelas VIII SMP Al-Hikmah Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. en_US
dc.subject Video Dokumenter en_US
dc.subject Biografi en_US
dc.title Pengaruh Media Pembelajaran Video Dokumenter Terhadap Kemampuan Menulis Biografi Siswa Kelas VIII SMP Al-Hikmah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account