Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh media video
dokumenter terhadap kemampuan menulis biografi siswa kelas VIII SMP AlHikmah Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Lokasi penelitian ini
dilaksanakan di SMP Al-Hikmah Medan dengan populasi 59 siswa yang terdiri
dari 2 kelas dan keseluruhannya dijadikan sampel penelitian. Kelas VIII 2
dijadikan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VIII 1 dijadikan sebagai
kelas kontrol.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
yaitu cara atau teknik yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang proses
gejala-gejala yang ada pada suatu objek penelitian. Alat pengumpulan data yang
digunakan adalah tes tertulis. Kemampuan menulis biografi dengan menggunakan
media video dokumenter pada kelas eksperimen baik karena 13 orang
(43,33%)mencapai interval 80-100, 13 orang (43,33%) memperoleh kategori
sangat baik, 15 orang (50%) memperoleh kategori baik, 2 orang (6,66%)
memperoleh kategori kurang, sedangkan kemampuan menulis biografi tanpa
menggunakan media video dokumenter adalah kurang baik karena 17 orang
(58,6%) mencapai interval 40-45.
Berdasarkan uji t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dianjurkan
dengan menggunakan media video dokumenter lebih tinggi dibandingkan dengan
hasil belajar tanpa menggunakan media video dokumenter dalam kemampuan
menulis biografi siswa kelas VIII SMP Al-Hikmah Medan Tahun Pembelajaran
2017-2018 hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung >ttabel
yaitu 2,22 > 1,532 dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel diperoleh thitung
> ttabel yaitu 2,22 >1,532. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang
berarti ada pengaruh model pembelajaran media video dokumenter terhadap
kemampuan menulis biografi siswa kelas VIII SMP Al-Hikmah Medan Tahun
Pembelajaran 2017-2018.