dc.description.abstract |
Kemunculan beragam media massa baru di satu sisi menguntungkan
konsumen karena mereka bisa mendapatkan banyak alternatif sumber informasi.
Namun, di sisi lain juga sangat mengancam industri-industri media yang sudah
lebih dulu muncul. Karena itulah, para pengelola industri media massa, khususnya
termasuk surat kabar, harus berinovasi, memodifikasi produknya, serta mengemas
strategi yang lebih pas agar perusahaan mereka bisa bertahan. Dalam dunia
persaingan yang semakin ketat dan tak bisa di hindari, maka perusahaan harus
merumuskan strategi perusahaan yang tepat dalam menghadapi persaingan
tersebut. Harian Waspada sebagai koran tertua di Sumatra harus melakukan
strategi komunikasi pemasaran dalam menghadapi persaingan.
Adapun rumusan masalah yang diangkat pada penelitian ini
adalah―Bagaimana strategi komunikasi pemasaran Harian Waspada Medan dalam
menghadapi persaingan dengan media online‖. Uraian teoritis yang dipakai pada
penelitian ini Komunikasi Massa, Media Cetak, Media Online, Komunikasi
Pemasaran,Strategi Komunikasi Pemasaran, dan Persaingan.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
yaitu untuk menafsirkan bagaimana peranan strategi komunikasi pemasaran
Harian Waspada dalam menghadapi persaingan dengan media online dengan
teknik pengumpulan data yang ada. Menghasilkan dan mengolah data yang
sifatnya deskriptif, seperti wawancara, observasi dan peneletian kepustakaan. Dari
penelitian ini, diperoleh Harian Waspada menggunakan bauran pemasaran yaitu
produk, price (harga), place (tempat) dan promosi dalam menghadapi persaingan
dengan media online.Selain itu dalam menghadapi persaingan Harian Waspada
juga melakukan hubungan internal dan hubungan eksternal. |
en_US |