Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan menonton
tayangan Indonesia lawak klub terhadap kemampuan menulis teks anekdot oleh
siswa kelas X SMA Swasta Bandung tahun pembelajaran 2017-2018. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 30 siswa.
Karena jumlah sampel kurang dari 100% maka pengambilan sampel dilakukan
secara keseluruhan dari populasi yang ada (total sampel).
Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis pendekatan
kuantitatif dan menggunakan korelasional. Intrumen penelitian ini menggunakan
angket yang berupa pertanyaan seputar kebiasaan menonton dan menulis siswa
serta menggunakan tes untuk melihat kemampuan menulis teks anekdot oleh
siswa.
Hasil analisis data kebiasaan menonton tayangan ILK diperoleh dari
pemberian angket terhadap 30 siswa dan diperoleh prosentase terbesar 61%-80%
sebanyak 22 orang dengan prosentase sebanyak 66,5%. Hasil analisis data
kemampuan menulis diperoleh bedasarkan hasil tes dan didapat jumlah frekuensi
siswa yang berhasil mendapatkan nilai 80-100 sebanyak 22 siswa dengan
prosentase keberhasilan sebesar 74% Artinya kemampuan menulis teks anekdot
siswa berada pada tingkat baik yang disebabkan karena adanya pengaruh dari
kebiasaan menonton tayangan Indonesia lawak klub. Berdasarkan hasil
perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung sebesar 17,42. Selanutnya thitung ini
dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 0,05 dengan df=29. Diperoleh
harga ttabel=1,699, berarti thitung>ttabel yaitu 17,424>1,699. Dengan demikian
hipotesis berbunyi ada pengaruh kebiasaan menonton tayangan Indonesia Lawak
Klub terhadap kemampuan menulis teks anekdot oleh siswa kelas X SMA Swasta
Bandung Tahun Pembelajaran 2017-2018.