Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan
menonton acara si bocah petualang trans tv dengan kemampuan menulis teks deskripsi
siswa kelas VII SMP PAB 3 Saentis. Adapun metode yang dipergunakan dalam penelitian
ini adalah metode deskriptif dengan analisis korelasional. Metode ini digunakan untuk
membuktikan ada atau tidaknya hubungan masalah yang diteliti pada siswa kelas VII
SMP PAB 3 Saentis. Dalam pengumpulan data, penulis mengumpulkan data dari dua
sumber yakni data nilai angket kebiasaan menonton acara si Bocah Petualang trans tv
dari hasil pengisian angket, dan nilai kemampuan menulis teks deskripsi. Instrumen yang
digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah tes dan nontes. Tes yang
diberikan adalah siswa diminta untuk menulis teks deskripsi dengan tema bebas dari
tayangan si Bolang minimal 3 paragraf, sedangkan untuk nontes dengan memberikan
angket tentang data kebiasaan menonton tayangan si bocah petualang siswa.
Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis di atas diperoleh = 8,245 sebesar taraf
signifikan = 0,05 dan dengan ketentuan = yaitu dk = N – 2 = 32 – 2 = 30, maka
diperoleh = 1,995 ( terlampir). Kesimpulannya jika dibandingkan perolehan nilai
lebih besar dengan ( dengan demikian dapat dipahami
bahwa Ha diterima dalam penelitian ini, artinya bahwa adanya hubungan yang signifikan
antara kebiasaan menonton acara si bocah petualang trans tv dengan kemampuan
menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP PAB 3 Saentis Tahun Pembelajaran
2017- 2018.