Abstract:
Mobil hemat energi adalah mobil dimana penggunaan bahan bakar lebih hemat
daripada mobil biasa. Dalam penelitian kali ini untuk memenuhi syarat hemat
energi, maka dibuatlah sebuah intrumen pengujian untuk melihat efesiensi energi
dari mobil berdasarkan aerodinamis dan berat yang terjadi. Dalam pengujiannya
digunakan 3 buah prototipe mobil hemat energi yang berbeda bentuk bodinya.
Intrumen pengujian itu terdiri dari 2 intrumen yaitu, Manometer U yang
digunakan untuk melihat tekanan angin yang terjadi apabila mobil sedang berjalan
dan instrumen gaya dorong untuk melihat berat mobil yang telah dilengkapi oleh
arduino UNO yang dibantu oleh sensor load cell yang terhubung ke sebuah
laptop. Setelah melaksanakan pengujian didapatkan nilai koefisien gesek yang
terjadi dari ketiga prototipe tersebut, dimana prototipe bewarna kuning
mempunyai nilai koefisien gesek tertinggi 0,1594007 dan gaya aksi reaksi
tertinggi 209,1597 N, prototipe bewarna hijau mempunyai nilai koefisien gesek
tertinggi 0,0149649 dan gaya aksi reaksi tertinggi 110,145 N, prototipe bewarna
hijau mempunyai nilai koefisien gesek tertinggi 0,0192631 dan gaya aksi reaksi
tertinggi 70,5709 N.