Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Media Pembelajaran
Puzzle Gambar terhadap Kemampuan Menyimak Berita oleh Siswa Kelas VII
SMP Tarbiyah Islamiyah Tahun Pembelajaran 2017-2018”. Lokasi penelitian ini
dilaksanakan di SMP Tarbiyah Islamiyah. Jumlah populasi penelitian ini adalah
70 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII-A (35
siswa) dan kelas VII-B (35 siswa). Berdasarkan pengambilan sampel maka
ditentukan kelas VII-A yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas yang menggunakan
media pembelajaran Puzzle Gambar, sedangkan kelas VII-B yang berjumlah 35
siswa sebagai kelas yang tanpa menggunakan media Puzzle Gambar. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dalam penelitian
ini menggunakan instrumen berupa tes pilihan berganda yaitu menyimak teks
berita. Penelitian ini menggunakan uji “thitung”. Pengolahan data dan analisis
data dilakukan dengan menggunakan rumus analisis tes. Yaitu untuk mengetahui
berapa besar pengaruh media pembelajaran Puzzle Gambar terhadap kemampuan
menyimak berita oleh siswa kelas VII SMP Tarbiyah Islamiyah. Setelah
menghitung dan mengolah data dari penelitian yang dilakukan maka diperoleh
nilai rata-rata dari kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran
Puzlle Gambar adalah 79,71 termasuk dalam kategori baik. Sedangkan tanpa
menggunakan media Puzzle Gambat nilai rata-rata yang diperoleh adalah 61,85
termasuk dalam kategori cukup. Hasil perhitungan uji hipotesis di atas diperoleh t
thitung = 5,22 selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel dengan
taraf signifikan α = 0,05 dengan dk= n1+n2 – 2= atau 35+35-2=68, maka
diperoleh ttabel =1,668. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa thitung>ttabel yaitu
5,22>1,668 sehingga alternatif (Ha) pada penelitian ini terbukti kebenarannya
diterima. Dapat disimpulkan terdapat Pengaruh signifikan media Pembelajaran
terhadap Kemampuan Menyimak Berita oleh Siswa Kelas VII SMP Tarbiyah
Islamiyah Tahun Pembelajaran 2017-2018.