Abstract:
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan
nilai agama dan moral anak kelompok B TK Sinar Mutiara Helvetia Medan ini
mungkin dikarenakan media, metode atau strategi yang digunakan guru belum
efektif dan kurang memotivasi minat belajar anak. Berdasarkan masalah diatas
diharapkan melalui kegiatan metode gerakan dalam menghafal hadist dapat
meningkatkan kemampuan nilai agama dan moral anak. Dalam proses
pelaksanaannya peneliti yang bersubjektif 15 anak dengan rincian 7 anak laki-laki
dan 8 anak perempuan .Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan
observasi dan keteladanan, unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisis data
dilakukan secara objektif kuantitatif. Penilaian ini dilakukan dengan beberapa
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan reflaksi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan nilai agama dan moral anak kelompok B pada
Pra siklus sebanyak 13,4%, pada siklus 1 meningkat menjadi 30,5%, pada siklus
2 meningkat menjadi 51,7%, pada siklus 3 meningkat menjadi 83,4%. Perolehan
persentase pada siklus 3 membuktikan bahwa penelitian ini sudah mencapai
indikator keberhasilan yaitu kemampuan nilai agama dan moral anak mengalami
peningkatan. Hal ini peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan nilai agama dan
moral anak kelompok B TK Sinar Mutiara Helvetia Medan meningkat dengan
sangat baik