Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10966
Title: paya Meningkatkan Karakter Anak Melalui Percobaan Sains Sederhana Di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kisaran
Keywords: Karakter Anak;Percobaan,Sains Sederhana
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya karakter anak di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kisaran. Penerlitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter anak melalui percobaan sains sederhana di RAPesantren Modern Daar AlUlum Kisaran. Penelitian ini dilakukan di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kisaran. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum yang berjumlah15 orang anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui percobaab sains sederhana dapat meningkatkan kemampuan karakter anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persentase dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan karakter anak yaitu pada pra siklus 26,6 %, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 48,8%, siklus 2 rata-ratanya 71,0% dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 91,06%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui percobaan sains sederhanadapat meningkatkan kemampuan karakteranak diRA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kisaran
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10966
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SAKSI UNTARI.pdf1.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.