Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya karakter anak di RA Pesantren
Modern Daar Al-Ulum Kisaran. Penerlitian ini bertujuan untuk meningkatkan
karakter anak melalui percobaan sains sederhana di RAPesantren Modern Daar AlUlum
Kisaran. Penelitian ini dilakukan di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum
Kisaran. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak RA Pesantren Modern Daar
Al-Ulum yang berjumlah15 orang anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak
perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga
siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar
observasi dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif
sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui percobaab sains
sederhana dapat meningkatkan kemampuan karakter anak. Peningkatan tersebut
dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persentase dari tahap
pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak
adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan karakter anak yaitu
pada pra siklus 26,6 %, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 48,8%, siklus 2 rata-ratanya
71,0% dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 91,06%. Berdasarkan
hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui percobaan sains
sederhanadapat meningkatkan kemampuan karakteranak diRA Pesantren Modern
Daar Al-Ulum Kisaran