Abstract:
Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk mengetahui peningkatan perilaku
prososial pada anak melalui kegiatan kerja kelompok di RA Islamiyah Tanjung Morawa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
subjek penelitian 15 orang anak. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi
kegiatan guru dan kegiatan anak, yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan tahapan pada
tiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil
penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa perilaku sosial pada anak di
RA Islamiyah Tanjung Morawa sebelum dilakukan tindakan masih belum berkembang
maksimal karena masih banyak anak yang belum mau berbagai mainan atau media
dengan teman lainnya. Namun setelah dilaksanakannya kegiatan kerja kelompok perilaku
prososial anak menjadi lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan perkembangan perilaku
prososial anak yang semakin baik dimana perilaku prososial tersebut diukur melalui
tingkat keberhasilan tindakan secara keseluruhan. Sebelum tindakan tingkat keberhasilan
hanya 24,44 % dengan kriteria keberhasilan kurang. Kemudian, pada siklus I mencapai
55,56 % dengan kriteria cukup, pada siklus II mencapai 84,44 %, dan pada siklus III
mencapai 93,33 % dengan kriteria baik sekali.