Abstract:
Judul penelitian ini adalah Peningkatan Kognitif Anak Tentang Alat
Transportasi Melalui Kegiatan Bermain Lego Konstruktif di RA Rabbani Islamic
School Medan Helvetia. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah
melalui bermain dengan lego konstruktif dapat meningkatkan kognitif anak tentang alat
transportasi di RA Rabbani Islamic School Medan Helvetia?. Tujuan penelitian ini
adalah meningkatkan kemampuan kognitif anak tentang alat transportasi melalui
kegiatan bermain lego konstruktif di RA Rabbani Islamic School Medan Helvetia, agar
anak dapat memiliki kognitif. Hasil penelitian meningkatkan kognitif anak tentang alat
transportasi melalui kegiatan bermain lego konstruktif pada anak RA Rabbani Islamic
School Medan Helvetia berhasil dilakukan dengan hasil terjadi peningkatan sesuai
yang diharapkan. Pencapain sebagaimana diharapkan mulai terjadi pada siklus I. Hasil
penelitian ini dapat peneliti simpulkan bahwa berdasarkan hasil observasi pra siklus
dapat diketahui secara kumulatif atau keseluruhan keberhasilan pada pra siklus hingga
siklus III. Proses pembelajaran pada siklus II dan III merupakan tindakan lanjutan dari
kegiatan siklus I. Peningkatan hasil penelitian yang terjadi sejak siklus I, dan terus
berlanjut hingga siklus II, dan III. Berdasarkan hasil observasi pra siklus dapat
diketahui bahwa secara keseluruhan rata-rata hasil penelitian dari sejak pra siklus
hingga siklus III adalah: Pada pra siklus rata-rata yang diperoleh adalah 33,75%,
selanjutnya siklus I rata-ratanya adalah 55%, pada siklus II terjadi peningkkatan
dengan rata-rata, 65%, selanjutnya pada siklus III rata-rata yang diperoleh anak adalah
92,5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kognitif anak tentang alat transportasi
dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain lego konstruktif pada anak kelompok B
RA Rabbani Islamic School Medan Helvetia. Setelah dilakukkan penelitian mengalami
peningkatan pada tiap siklus secara individu maupun komulitaif (keseluruhan)