dc.description.abstract |
Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Tour Guide dalam mempromosikan
wisata lokal di sumatera utara. Komunikasi memiliki peran penting untuk
mencapai komunikasi yang baik untuk menciptakan keakraban. Tujuan
dilaksanakannya penelitian ini guna untuk mengetahui Strategi Komunikasi yang
dilakukan Oleh Tour Guide (Pemandu) serta untuk mengetahui proses
mempromosikan pariwisata lokal di Sumatera Utara. Adapun teori yang
digunakan dalam penelitian ini meliputi komunikasi, strategi komunikasi,
pariwisata,, tour guide dan promosi. metode penelitian yang digunakan adalah
metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini terdapat 5
informan yang digunakan narasumber. Dua merupakan pemilik tour guide medan
travel, tiga lainnya merupakan tour guide (pemandu) ditour guide medan travel.
Pengumpulan data penelitian ini dengan cara wawancara, observasi dan
dokumentasi. Hasil yang ditemukan dilapangan, menunjukan bahwa tour guide
medan travel ini fokus mengenai komunikasi yang digunakan, memberi arahan
kepada pengunjung dan mempromosikan nya melalui personal maupun media
online |
en_US |