dc.description.abstract |
enelitian ini berlatar belakang dari adanya proses pengembangan
pariwisata taman buah yang di lakukan oleh dinas Perumahan dan Kawasan
Permukiman mengenai wisata taman buah di kabupaten deli serdang.
Permasalahan peneliti adalah Pola Komunikasi Organisasi Dalam
Mengembangkan Pariwisata Taman Buah Di Kabupaten Deli Serdang. Manfaat
penelitian ini sekiranya dapat menambah pengetahuan dalambidang komunikasi
organisasi sekaligus dapat memberi kontribusi pada pemerintah dalam
menetapkan uatu peraturan baru. Dengan begitu, tujuan penelitian ini untuk
menegetahui pola komunikasi organisasi dalam mengembangkan pariwisata
taman buah di kabupaten deli serdang.
Teori yang di pakai dalam penelitian ini mencakup teori komunikasi
organisasi, pola komunikasi, teori mendapatkan kepatuhan, teori informasi
organisasi dan teori perencanaan komunikasi. Narasumber dalam penelitian ini
terdiri dari 8 oang yaitu kepala seksi bagian pertamanan dan arsitektur kota,
pengawas lapangan bagian perawatan tanaman, pengawas lapngan bagian
penataan kawasan di taman buah serta 5 orang wisatwan.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskritif kualitatif.
Data yang di peroleh melalui wawancara, observasi dan juga dokumentasi
selanjutnya di analisis dengan berdasarkan kategorisasi penelitian. Dilengkapi
penjelasan dengan maksud untuk memberikan pemahaman tentang
mengembangankan wisata taman buah di kabupaten deli serdang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pola komunikasi Organisasi yang
digunakan sangat baik dengan media yang digunakan pun sangat mudah untuk
berkomunikasi. Dalam penyampain pesannya pun sangat mudah sekali untuk di
mengerti. Proses komunikasi aatsan dengan bawahan serta sebaliknya dari
bawahan ke atasan pun menunjukan komunikasi yang baik sehingga masingmasing
jabatan sangat mudah untuk menjalan kan tugasnya. Tidak hanya itu,
wisatawan pun puas dengan kinerja dinas perumahan dan kawasan permukiman
yang membuat perkembangan taman buah sangat baik sehingga setiap harinya
menambah banyak pengunjung yang datang |
en_US |