Abstract:
ujuan utama penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui sikap
estetis anak di RA Islamiyah Tanjung Morawa, dan untuk mengetahui
peningkatan sikap estetis pada anak melalui penerapan kegiatan menggambar di
RA Islamiyah Tanjung Morawa.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus
dengan tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Alat pengumpulan data penelitian berupa observasi penilaian guru dan anak.
Subjek penelitian adalah anak di RA Islamiyah Tanjung Morawa yang berjumlah
14 orang anak, dengan 5 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Berdasarkan hasil
penelitian diketahui bahwa pada Prasiklus kemampuan sikap estetis anak di RA
Islamiyah Tanjung Morawa hanya mencapai 40,48 %berada dalam kriteria
kurang. Kemudian, setelah dilakukannya tindakan menggambar dengan cara yang
baik maka pada Siklus I sikap estetis anak mengalami peningkatan sebesar 71,43
% dengan kriteria cukup. Peningkatan sikap estetis anak semakin meningkat
setelah anak mengikuti kegiatan menggambar pada tindkan siklus II dimana
tingkat keberhasilan anak mencapai 88,09 % dengan kriteria baik.Berdasarkan
hasil observasi tersebut maka pelaksanaan tindakan dikatakan berhasilkarena
ketercapaian tindakan telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan
minimal sebesar 80 %. Hal ini menguatkan hipotesis tindakan yaitu melalui
kegiatan menggambar dapat meningkatkan sikap estetis pada anak di RA
Islamiyah Tanjung Morawa.