Research Repository

Komunikasi Persuasif Guru Terhadap Siswa Siswi Dalam Mengajarkan Al-Islam Kemuhammadiyahan Di Kelas Unggulan SD Muhammadiyah O8 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Winanda, Mia Ayu
dc.date.accessioned 2020-11-12T08:06:50Z
dc.date.available 2020-11-12T08:06:50Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10891
dc.description.abstract Komunikasi persuasif dapat mengubah pengetahuan komunikan tentang sesuatu yang dipercayainya sehingga dapat mempengaruhi sikap dalam lingkungan, pola pikir, hingga perilaku seseorang. Hal ini dapat ditemukan pada seorang Guru yang menyampaikan informasi persuasif berupa ilmu yang bermanfaat kepada anak didik. Dengan adanya bahasa yang persuasif, dapat mampu mengubah pola pikir anak didik untuk mengikuti dan mempraktekkan apa yang disampaikan seorang guru sebagai komunikator. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 08 Medan dengan rumusan masalah sebagai bagaimana Komunikasi Persuasif Guru Terhadap Siswa-Siswi Dalam Mengajarkan Al-Islam Kemuhammadiyahn Di Kelas Unggulan SD Muhammadiyah 08 Medan. Tujuan penelitian adalah Ingin mengetahui komunikasi persuasif guru terhadap siswasiswi dalam mengajarkan Al-Islam Kemuhammadiyahn di kelas unggulan SD Muhammadiyah 08 Medan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang merupakan penelitian yang datanya adalah data kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Metode analisis data yang akan dilakukan peneliti adalah metode analisis data deskriptif – kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa adanya komunikasi persuasif guru dan siswa-siswinya di SD Muhammadiyah 08 Medan dan proses komunikasi tersebut berjalan dengan baik. Guru Al-Islam dan Kemuhammadiyah di sekolah tersebut melakukan tugasnya dengan baik. Dan selama mengajarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan respon atau sikap siswa-siswi dalam belajar hampir keseluruhan menerimanya dengan baik walau tidak memungkinan ada satu dua orang yang tidak menyukai pelajaran tersebut. Walaupun begitu hampir tidak ada hambatan yang terjadi karena secara umum mereka bisa menerima dan mau mendengar apa yang disampaikan dengan baik. Banyak metode yang digunakan guru dalam mengajarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Dan metode yang sering dipakai adalah metode tanya jawab, metode ceramah, metode berdiskusi tergantung apa yang kira-kira yang dibutuhkan siswa-siswi tersebut en_US
dc.subject Komunikasi persuasif en_US
dc.subject Al-Islam dan Kemuhammadiyahan en_US
dc.title Komunikasi Persuasif Guru Terhadap Siswa Siswi Dalam Mengajarkan Al-Islam Kemuhammadiyahan Di Kelas Unggulan SD Muhammadiyah O8 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account