dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada
mata pelajaran fiqih pada tahun pelajaran 2017/2018 yang diajarakan dengan
menggunakan metode peer teaching pada kelas X di Madrasah Aliyah Negeri
Tebing Tinggi.Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen dengan desain posttest
only control design. Penwlitian ini dilakukan dikelas X sebanyak 62 siswa yang
terbagi dalam 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan meggunakan
simple random sampling, sehingga terpilih kelas X-1 sebagai kelas kontrol dan
kelas X-2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengguakan product
moment, yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan uji reabilitas. Pengelolaan
penelitian ini menggunakan rumus rxy untuk menguji validitas untuk melihat
konstribusi yang diberikan kepada variabel X dan Y, setelah data terkumpul lalu
dihitung dengan menggunakan teknik korelasi product moment dengan
memperoleh hasil sebagai berikut : dari hasil koefisien product moment dengan
tabel nilai “r” product moment pada taraf 5% dan 1% diperoleh bahwa
rxy=3,197 lebih besar dari pada rtabelbaik itu taraf 5% (0,349) dan 1% (0,449)
dengan formulasi bandingan yaitu 3,197>0,349 dan 0,449. Maka dapat
disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif antara metode peer teaching
terhadap hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri Tebing Tinggi. |
en_US |