Abstract:
Corporate Secretary divisi Hubungan Masyarakat (HUMAS) memiliki
tanggung jawab salah satunya mengelola majalah internal “Gema Pelabuhan”.
Majalah “Gema Pelabuhan” merupakan majalah internal PT. Pelabuhan Indonesia
I sebagai alat komunikasi internal organisasi yang mengusahakan agar para
karyawan mengetahui apa yang sedang dipikirkan manajemen dan sebaliknya.
Salah satu tujuan humas adalah meningkatkan awareness karyawan
terhadap informasi perusahaan, meningkatkan pemahaman karyawan terhadap
informasi perusahaan, dan menumbuhkan rasa satu keluarga sebagai karyawan.
Majalah “Gema Pelabuhan” merupakan salah satu media yang dipilih untuk
mencapai tujuan kehumasan tersebut.
Perumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana efektivitas majalah
internal “Gema Pelabuhan” sebagai wahana komunikasi internal PT. Pelabuhan
Indonesia I (Persero) Medan dengan indikator informatif, edukatif dan hiburan.
Metode penelitian ini yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan suvei dan penyebaran kuesioner
kepada karyawan kantor pusat PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan
sebanyak 67 responden.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dilihat dari keseluruhan indikator
yang telah dijabarkan dalam kuesioner dan dijawab responden bahwa terdapat
keefektivitasan majalah internal “Gema Pelabuhan” sebagai wahana komunikasi
internal PT.Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan dan mampu menjadi media
yang mendukung berjalannya fungsi praktisi Public Relations.