Abstract:
Kualitas dan layanan memainkan peranan penting dalam pemasaran semua
produk, terutama menjadi hal yang penting dalam banyak industri karena
merupakan pembeda yang paling efektif bagi sejumlah produk. Setiap orang pasti
membutuhkan transportasi dalam mendukung aktivitasnya dan kemanapun
tujuannya. Online sebagai media yang menggunakan aplikasi memiliki prospek
yang cukup besar. Dimana semua orang menginginkan praktis dan mudah untuk
mendukung kebutuhan aktivitasnya. Media online dan jasa Artis juga sangat besar
pengaruhnya bagi mindset, peningkatan penjualan dan kehidupan masyarakat.
Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat memunculkan fenomena
transportasi berbasis online yaitu “ojek online” yang menjadi trend di kalangan
masyarakat banyak. Setelah maraknya aplikasi smartphone untuk memesan jasa
ojek seperti GO-JEK. Melalui ponsel smartphone kita, GO-JEK sudah bisa
langsung di pesan. PT.GO-JEK menyadari bahwa kebutuhan masyarakat untuk
memenuhi kehidupan sehari-hari sangatlah menjadi hal utama dalam target
perusahaan. Dengan memberikan layanan dan fasilitas, PT.GO-JEK mampu
memnuhi kemudahan kebutuhan para penggunanya. Adapun yang menjadi tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui efek iklan transportasi online oleh artis
terhadap peningkatan pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian
ini peneliti melibatkan Customer Service PT.GO-JEK, Driver GO-JEK dan
Mahasiswa Universitas Dharmawangsa sebagai narasumber. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara serta
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden lebih banyak
mengatakan bahwa efek iklan yang ditampilkan oleh PT.GO-JEK memberikan
kesan yang menarik bagi para pengguna dibandingkan responden mengatakan
efek iklan yang ditampilkan oleh PT.GO-JEK berdampak negatif dan tidak
menarik seperti kecepatan dalam melayani dan memfasilitasi pengguna GO-JEK,
menampilkan iklan-iklan yang inovasi dan menarik juga memberikan dampak
yang positif bagi para pengguna GO-JEK. Efek iklan transportasi online oleh artis
yang ditampilkan oleh PT.GO-JEK Indonesia sangat berperan dan meningkatkan
kemudahan aktivitas sehari-hari para pengguna GO-JEK dalam memenuhi
kebutuhan. Para pengguna juga berharap bahwa iklan yang dibuat oleh PT.GOJEK
Indonesia masih tetap berlanjut, inovasi dan berkembang seiring dengan
teknologi yang semakin canggih dan mendunia serta dapat lebih mendukung
aktivitas dan kebutuhan