dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
pada pembelajaran ekonomi di kelas XI SMAN 1 Pantai Cermin dengan
menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS).
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Pantai Cermin yang berjumlah
37 siswa. Desain PTK yang digunakan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan
tiga rumus yang pertama menghitung presentase perubahan hasil belajar
siswa secara klasikal, yang kedua menentukan daya serap siswa secara
individu dan yang ketiga tingkat ketuntasan belajar. Sedangkan objek dalam
penelitian ini adalah model pembelajaran Creative Problem Solving,
instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh data
bahwa untuk siklus I siswa berjumlah 15 siswa (40,54%) dan yang tidak
tuntas berjumlah 22 siswa (62,16%) dengan nilai tertinggi 90 dan nilai
terendah 45, sedangkan untuk Hasil Belajar Siklus II siswa yang tuntas
berjumlah 27 siswa (72,97%) dan yang tidak tuntas berjumlah 10 siswa
(27,03%) dengan Nilai tertinggi 90 dan Nilai terendah 50. Dengan demikian
hipotesis penelitian yaitu “ Ada Peningkatan hasil belajar ekonomi dengan
menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving siswa kelas XI
SMAN 1 Pantai Cermin tahun ajaran 2017/2018. |
en_US |