dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sekolah yang tidak berbasis
pesantren membuat adanya mata pelajaran tahfidz Al-Qur`an sebagai program
unggulan sekolah, yaitu Sekolah Islam Ulun Nuha Medan Johor, yang waktu
belajarnya disamakan dengan waktu pelajaran umum. Oleh karena itu, tidak
terfokus pada tahfidz siswi juga menghadapi mata pelajaran lain yang memiliki
tugas-tugas, ujian yang bersamaan, pulang sekolah yang lama, membuat siswi
menjadi lupa, malas, kelelahan untuk menghafal.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimana pelaksanaan mata
pelajaran tahfidz dengan metode muraja`ah dan quesioner di SMAS Islam Ulun
Nuha? (2) bagaimana hasil belajar tahfidz siswi dengan menggunakan metode
muraja`ah dan quesioner di SMAS Islam Ulun Nuha? (3) apakah metode
muraja`ah dan quesioner efektif diterapkan pada mata pelajaran tahfidz di SMAS
Islam Ulun Nuha?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pelaksanaan metode
muraja`ah dan quesioner di SMAS Islam Ulun Nuha. (2) untuk mengetahui hasil
belajar siswi pada mata pelajaran tahfidz dengan menggunakan metode
muraja`ah dan quesioner di SMAS Islam Ulun Nuha. (3) untuk mengetahui
efektivitas penggunaan metode muraja`ah dan quesioner di kelas X di SMA
Swasta Islam Ulun Nuha Medan Johor. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan bentuk metode deskriptif. Dan menggunakan instrument
observasi, angket dan wawancara sebagai sumber datanya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan metode muraja`ah
di SMAS Islam Ulun Nuha adalah dengan menyetor muraja`ah hafalan baru dan
yang lama ditargetkan setiap harinya kepada seorang Ustadzah pembimbing.
Pelaksanaan quesioner dilakukan setelah siswi telah menghafal sebanyak 1 juz.
(2) hasil belajar tahfidz siswi menjadi terjaga, baik, dan lancar. Bahkan siswi jadi
mudah menghafal dan dapat menyetor hafalan lebih dari yang telah diwajibkan
di sekolah. (3) dalam menganalisis data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa
tingkat efektivitas metode muraja`ah dan metode quesioner terhadap hasil belajar
siswi kelas X di SMA Swasta Islam Ulun Nuha Medan Johor ini termasuk dalam
katagori sangat tinggi (77.78%). Selain itu sekolah juga memainkan peranannya
sebagai lembaga pendidikan dengan menyediakan sarana dan prasarana yang
memadai. Serta solusi untuk mengatasi faktor penghambat dalam proses
menghafal yaitu selalu memberikan tips belajar efektif, manajemen waktu, bidang
studi lain meniadakan tugas-tugas di rumah yang berat dan selalu memotivasi
siswi untuk menghafal. |
en_US |