dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning
Dengan Pendekatan Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Akuntansi
Siswa Kelas Xi Ips Sma Muhammadiyah 01 Medan pada pokok materi Laporan
keuangan perusahaan jasa Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 01 yang beralamat di
Jl. Utama No.170 Medan Matsum. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI SMA yang berjumlah 39 orang, sedangkan sampel yang digunakan
adalah seluruh siswa kelas XI SMA yang berjumlah 39 orang (sampling jenuh).
Instrumen penelitian dengan menggunakan angket yang berjumlah 15 item yang
valid dan tes tertulis berbentuk uraian yang berjumlah 10 soal yang valid.
Berdasarkan perhitungan persamaan regresi linier sederhana diperoleh
bahwa Y = 34,290 + 0,933. Ini menunjukkan bahwa setiap peningkatan
persamaan regresi linier untuk Model Pembelajaran problem based learning
dengan pendekatan active knowledge sharing, maka akan terjadi peningkatan
sebesar 0,933. Uji signifikansi dengan uji t diperoleh hasil sebesar 5,500 dengan
signifikan 0,000. Sedangkan dari hasil uji determinasi diperoleh hasil 34,8%
sedangkan sisanya 65,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang sangat signifikan
antara model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan active
knowledge sharing terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA
Muhammadiyah 1 Medan |
en_US |