Research Repository

Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Xi Sma Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Purwanti, Tri
dc.date.accessioned 2020-03-01T08:13:35Z
dc.date.available 2020-03-01T08:13:35Z
dc.date.issued 2019-09-02
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1085
dc.description.abstract Layanan bimbingan kelompok melalui teknik bermain peran merupakan suatu pemberian bantuan yang diberikan kepada individu atau kelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok dimana pimpinan kelompok menyediakan informasi-informasi yang bermanfaat agar individu mencapai tujuan bersama mengenai strategi untuk membantu dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa yang bermanfaat dalam mengembangkan potensi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok Teknik Bermain Peran siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019, 2). Untuk mengetahui Keterampilan Berbicara Siswa XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019, 3). Untuk mengetahui Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Bermain Peran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian berlokasi di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan kepala sekolah, guru wali kelas, guru bimbingan konseling. Objek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI yang berjumlah 10 orang yang memiliki keterampilan berbicara rendah. Pada Layanan pertama lima siswa (50%) keterampilan berbicaranya meningkat dan pada layanan bimbingan kelompok kedua siswa yang meningkat keterampilan berbicaranya yaitu 80% siswa dan pada layanan bimbingan kelompok ketiga keterampilan berbicara siswa meningkat kembali menjadi 95%. Dengan demikian Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Bermain Peran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun ternyata berhasil dan cukup efektif dan membantu dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. en_US
dc.subject Layanan Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Teknik Bermain Peran en_US
dc.subject Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa en_US
dc.title Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Xi Sma Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account