Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui motivasi pada diri
anak di RA Nuradzkia Tanjung Morawa Medan dan untuk mengetahui peningkatan
motivasi pada diri anak melalui metode kerja kelompok di RA Nuradzkia Tanjung
Morawa Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Sumber data utama penelitian adalah lembar observasi
kemampuan anak dan kreativitas guru. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 di RA
Nuradzkia Tanjung Morawa Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Dari hasil pelaksanaan
tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa motivasi pada diri anak di RA
Nuradzkia Tanjung Morawa Medan sebelum tindakan dilakukan masih kurang maksimal
karena pada saat guru menyampaikan materi pembelajaran masih banyak anak yang
responnya rendah dengan tidak memperhatikan sebaik mungkin pada penyampaian guru,
anak juga tidak antusias mengerjakan tugas yang diberikan sehingga harus dibantu guru,
dan dalam aktivitas bersama masih banyak anak yang kurang aktif. Setelah dilakukannya
tindakan melalui metode kerja kelompok maka motivasi pada diri anak di RA Nuradzkia
Tanjung Morawa Medan semakin baik dan meningkat. Motivasi pada diri anak setelah
mengikuti tindakan pembelajaran dengan metode kerja kelompok di siklus I meningkat
menjadi 60,78 % dengan kriteria “baik” dimana sebelum tindakan dilakukan atau
prasiklus motivasi anak hanya sebesar 39,21 % dengan kriteria “kurang”. Peningkatan
motivasi anak semakin baik setelah dilaksanakannya tindakan pada siklus II dengan
tingkat capaian keberhasilan sebesar 78,43 % dan siklus III dengan tingkat capaian
keberhasilan sebesar 94,12 % dengan kriteria “baik sekali” sehingga tindakan yang
dilakukan dinyatakan berhasil.