Abstract:
Kemampuan kreativitas merupakan kemampuan umum untuk menciptakan sesuatu
yang baru, baik berupa produk atau gagasan baru yang dapat diterapkan dalam
memecahkan masalah, atau sebagai kemampuan untuk melihat unsur-unsur yang sudah
ada sebelumnya. Salah satu pendekatan yang dilakukan pada anak usia dini untuk
merangsang dan mengembangkan krativitas anak adalah dengan kegiatan bermain yang
dilakukan di lingkungannya dengan menggunakan sarana, alat permainan yang edukatif
dan memanfaatkan berbagai sumber belajar dengan menggunakan media permainan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak melalui
bermain seni decoupage di kelompok B TK Sinar Mutiara Helvetia Medan yang
beralamat di Jl. Mesjid Karya II Helvetia Medan, Tahun ajaran 2018/2019. Objek dalam
penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari 15 anak, yaitu 7 anak laki-laki
dan 8 anak perempuan. Instrument dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi,
dan hasil karya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, hasil penelitian pada
Pra Siklus mengenai kemampuan kreativitas anak melalui kegiatan finger painting
tergolong masih sangat rendah yaitu dengan rata-rata 16.66%, hasil penelitian mengenai
kemampuan kreativitas anak melalui kegiatan bermain seni decoupage pada Siklus I
mencapai 23.33%, pada Siklus II meningkat mencapai 48.33%, dan pada Siklus III naik
mencapai 83.33%. Hasil pelaksanaan dari mulai Pra Siklus, Siklus I, Siklus II, Siklus III
dengan ini maka penelitian dengan judul upaya meningkatkan kemampuan kreativitas
anak melalui bermain seni decoupage di kelompok B TK Sinar Mutiara Helvetia Medan
berhasil ditingkatkan.