dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode Role
Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SDN 058116 Kwala Sawit. Penelitian ini dilaksanakan di SDN
058116 Kwala Sawit yang berjumlah 22 orang siswa. Penelitian ini menggunakan
penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah dimulai tes awal kepada siswa SDN
058116 Kwala Sawit yang berjumlah 22 siswa, maka diketahui bahwa 4 orang
siswa atau 18,18 % siswa yang tingkat ketuntasan belajarnya , sedangkan
18 siswa lainnya yang sebesar 81,81% masih mendapatkan nilai dibawah
ketuntasan belajar. Dari hasil tes awal ini maka diperoleh nilai rata-rata sebesar
40,90%. Pada siklus I diketahui bahwa 8 orang siswa atau 36,36 % siswa yang
tingkat ketuntasan belajarnya , sedangkan 14 siswa lainnya yang sebesar
63,63% siswa masih mendapatkan nilai dibawah ketuntasan belajar <65%.
Sedangkan nilai rata-rata siklus I ini sebesar 62,27%. Pada siklus II dari 22 orang
siswa ada 19 siswa atau sebesar 86,36% yang hasil belajarnya tuntas, dan 3 siswa
atau sebesar 13,63% yang tidak tuntas hasil belajarnya. |
en_US |