Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional
anak melalui permainan wood ball di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 4
Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara. Penelitian ini dilakukan di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 4 Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara.
Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 4
Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara yang berjumlah 20 orang anak yang
terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan lembar obeservasi dan teknik analisis data dilakukan
dengan menggunakan statistik deskriptif sederhana. Berdasarkan hasil penelitian
diketahui bahwa melalui permainan wood ball dapat meningkatkan kemampuan sosial
emosional anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata
dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas.
Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah berkembang sesuai harapan maka dapat
dirata-ratakan peningkatan kemampuan sosial emosional anak melalui yaitu pada pra
siklus 21,6 %, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 43,3%, siklus 2 rata-ratanya 73,3% dan
pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 91,6%. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui permainan wood ball dapat
meningkatkan kemampuan sosial emosional anak Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 4
Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara