Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Think Talk Write terhadap Kemampuan Menanggapi Isi Laporan Perjalanan oleh
Siswa Kelas VIII SMP Nurul Islam Indonesia Medan Tahun Pembelajaran 2017-
2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Nurul Islam
Indonesia Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah 40 siswa.
Sampel dalam penelitian sebanyak 40 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen dengan bentuk one-group pretest-posttest designs. Tes untuk
memperoleh data kemampuan menanggapi isi laporan perjalanan digunakan tes
dalam bentuk lisan.
Hasil penelitian berdasarkan persentase nilai rata-rata kemampuan
menanggapi isi laporan perjalanan sebelum menggunakan model pembelajaran
think talk write oleh siswa kelas VIII SMP Nurul Islam Indonesia Medan adalah
62,15 dengan kategori cukup dan nilai rata-rata kemampuan menanggapi isi
laporan perjalanan setelah menggunakan model pembelajaran think talk write oleh
siswa kelas VIII SMP Nurul Islam Indonesia Medan adalah 78,5 dengan kategori
baik. Berdasarkan perhitungan uji “t” diperoleh nilai thitung >ttabel α = 0,05% dengan
df = N-1 = 39, maka didapat ttabel = 1,68. Dengan demikian dapat diperoleh thitung
> ttabel yaitu 8,74> 1,68. Maka Ha diterima dengan hipotesis ada pengaruh model
pembelajaran think talk write terhadap kemampuan menanggapi isi laporan
perjalanan oleh siswa kelas VIII SMP Nurul Islam Indonesia Medan tahun
pembelajaran 2017-2018.