dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana pengaruh model
pembelajaran Scramble dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas
XI AK 1 MAS AL-Washliyah 22 Tembung Tahun Pembelajaran 2017/2018 ?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa kelas XI
AK 1 setelah menerapkan model pembelajaran Scramble di MAS AL-Washliyah
22 Tembung Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 1 yang
keseluruhannya berjumlah 38 orang siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah
Model Pembelajaran Scramble untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes untuk
melihat hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa selama proses
pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui tes dan observasi dapat
dilihat bahwa hasil belajar siswa pada tes awal (pre test) persentase siswa yang
tuntas sebanyak 7 orang siswa yaitu 21,21% dengan jumlah siswa 38 orang,
kemudian setelah dilakukan post test siklus I peningkatan menjadi 82,82% dengan
jumlah siswa 38 orang, sedangkan siswa yang tidak mencapai nilai ketuntasan
yaitu 6 orang siswa yaitu 18,18% dengan jumlah 38 orang siswa Dengan
demikian hipotesis penelitian yaitu “Ada peningkatan hasil belajar akuntansi
siswa kelas XI AK 1 di MAS AL-Washliyh 22 Tembung dengan menerapkan
model pembelajaran Scramble Tahun Pembelajaran 2017/2018 diterima”.
Dari data ini, dapat dilihat bahwa nilai siswa telah mengalami peningkatan
secara signifikan dan ketuntasan belajar siswa tercapai. |
en_US |