Research Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Teknik Mozaik Dengan Kertas Origami di RA Amaliyah Kabupaten Simalungun

Show simple item record

dc.contributor.author Ernilawati
dc.date.accessioned 2020-11-12T05:00:20Z
dc.date.available 2020-11-12T05:00:20Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10823
dc.description.abstract Mengenal huruf dalam teori Whole Language adalah anak belajar mengenali huruf dan bunyinya juga konteksnya. Sedangkan teknik mozaik adalah teknik membuat gambar dengan cara mengisi pola dengan potongan kertas, kaca maupun bahan lain yang sejenis. Mengenal huruf melalui teknik mozaik dengan kertas origami merupakan salah satu unsur berseni yang terbukti secara tidak langsung dapat membuat anak mengenal huruf. Begitu juga yang terjadi di RA Amaliyah Kabupaten Simalungun. Sebelum diadakan penelitian anak sangat sulit mengenal huruf baik itu huruf vokal ataupun konsonan sehingga guru kesulitan untuk mengajari anak membaca. Maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui teknik mozaik dengan kertas origami. Pada tahap pra siklus anak yang dapat mengenal huruf dengan baik rata – rata hanya berjumlah 18,75 % atau sebanyak 4 dari 20 orang anak. Sedangkan pada siklus I sebesar 45% atau sebanyak 9 dari 20 anak. Dan pada siklus II kemampuan mengenal huruf sudah meningkat dengan baik yaitu srata – rata sebesar 87,50% atau sebanyak 17 dari 20 anak. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui teknik mozaik dengan kertas origami dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan mengenal huruf. Untuk itu disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan yang bervariasi dan menyenangkan bagi anak untuk merangsang semua perkembangannya en_US
dc.subject Mengenal huruf en_US
dc.subject Mozaik en_US
dc.subject Kertas origami en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Teknik Mozaik Dengan Kertas Origami di RA Amaliyah Kabupaten Simalungun en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account