Abstract:
Mengenal huruf dalam teori Whole Language adalah anak belajar
mengenali huruf dan bunyinya juga konteksnya. Sedangkan teknik mozaik adalah
teknik membuat gambar dengan cara mengisi pola dengan potongan kertas, kaca
maupun bahan lain yang sejenis. Mengenal huruf melalui teknik mozaik dengan
kertas origami merupakan salah satu unsur berseni yang terbukti secara tidak
langsung dapat membuat anak mengenal huruf. Begitu juga yang terjadi di RA
Amaliyah Kabupaten Simalungun. Sebelum diadakan penelitian anak sangat sulit
mengenal huruf baik itu huruf vokal ataupun konsonan sehingga guru kesulitan
untuk mengajari anak membaca. Maka penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui teknik mozaik dengan kertas
origami.
Pada tahap pra siklus anak yang dapat mengenal huruf dengan baik rata
– rata hanya berjumlah 18,75 % atau sebanyak 4 dari 20 orang anak. Sedangkan
pada siklus I sebesar 45% atau sebanyak 9 dari 20 anak. Dan pada siklus II
kemampuan mengenal huruf sudah meningkat dengan baik yaitu srata – rata
sebesar 87,50% atau sebanyak 17 dari 20 anak.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran
melalui teknik mozaik dengan kertas origami dapat dikatakan berhasil dalam
rangka meningkatkan kemampuan mengenal huruf. Untuk itu disarankan pada
semua guru dapat memberikan kegiatan yang bervariasi dan menyenangkan
bagi anak untuk merangsang semua perkembangannya