dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan Hasil Belajar
siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Make a Matchdan
Ceramah, pada pokok bahasan membiasakan akhlak terpuji husnudzan, raja’ dan
taubat di kelas X IPA di Madrasah Aliyah Islamiyah Hessa Air Genting tahun
pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
IPA Madrasah Aliyah Islamiyah Hessa Air Genting tahun pelajaran 2017/2018.
Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas masing-masing 38
orang siswa pada kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2
sebagai kelas Kontrol. Kelas eksperimen menggunakan metode Pembelajaran
Make a Match. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan memberikan
perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan pretes dan
postes, sebagai alat pengumpul data digunakan instrumen tes dalam bentuktes
uraian, yaitu untuk soal pretes dan postes masing masing sebanyak 10 soal dan
telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Sebelum penguji hipotesis terlebih dahulu
diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan
teknik lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang
dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.
Dari analisa data selisih pretes dengan postes kemampuan pemecahan masalah
siswa dengan manggunakan uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh
yaitu 2,2641>1,667 sehingga untuk uji hipotesisnya ditolak dan diterima.
Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar Akidah Akhlak siswa yang
diajar dengan menggunakan metode Make a Match berbeda dengan metode
pembelajaran Ceramah. dengan demikian terdapat perbedaan yang berarti antara
hasil belajar Akidah Akhlak siswa yang diajar dengan menggunakan metode
pembelajaran make a match dan ceramah. |
en_US |