Research Repository

Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Make a Match dan ceramah Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Islamiyah Hessa Air Genting Kecamatan Air Batu

Show simple item record

dc.contributor.author Pratiwi, Retno Dwi
dc.date.accessioned 2020-11-12T05:00:17Z
dc.date.available 2020-11-12T05:00:17Z
dc.date.issued 2018-03-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10822
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan Hasil Belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Make a Matchdan Ceramah, pada pokok bahasan membiasakan akhlak terpuji husnudzan, raja’ dan taubat di kelas X IPA di Madrasah Aliyah Islamiyah Hessa Air Genting tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA Madrasah Aliyah Islamiyah Hessa Air Genting tahun pelajaran 2017/2018. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas masing-masing 38 orang siswa pada kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas Kontrol. Kelas eksperimen menggunakan metode Pembelajaran Make a Match. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan pretes dan postes, sebagai alat pengumpul data digunakan instrumen tes dalam bentuktes uraian, yaitu untuk soal pretes dan postes masing masing sebanyak 10 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Sebelum penguji hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari analisa data selisih pretes dengan postes kemampuan pemecahan masalah siswa dengan manggunakan uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh yaitu 2,2641>1,667 sehingga untuk uji hipotesisnya ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar Akidah Akhlak siswa yang diajar dengan menggunakan metode Make a Match berbeda dengan metode pembelajaran Ceramah. dengan demikian terdapat perbedaan yang berarti antara hasil belajar Akidah Akhlak siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran make a match dan ceramah. en_US
dc.subject Metode Make a Match en_US
dc.subject Metode Ceramah en_US
dc.title Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Make a Match dan ceramah Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Islamiyah Hessa Air Genting Kecamatan Air Batu en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account