dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar
Akuntansi siswa sebelum dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Aktif
Tipe Quantum Teaching berbantu Media Komik Terhadap Peningkatan Hasil
Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Medan serta mengetahui
apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Quantum Teaching
berbantu Media Komik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Siswa
Kelas X SMK Negeri 1 Medan.
Penelitian ini dilakasanakan di SMK Negeri 1 Medan dengan populasi
seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Medan berjumlah 144 orang
siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Sampling Purposive yang
digunakan adalah kelas X Akuntansi 3 berjumlah 36 orang siswa sebagai sampel
penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. tes yang digunakan
berupa tes tertulis berbentuk essay test yang berjumlah 10 soal yang sudah
terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian soal dibagi menjadi
dua bagian dengan rincian 5 soal pada pretest dan 5 soal pada soal posttest.
Dari hasil analisis data pretes diperoleh mean 65,61 dan standar deviasi
18,16 segangkan posttest diperoleh mean 81,67 dan standar deviasi 17,08. Dan
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan dk=n-1 pada
α=0,05 maka ttabel = 1,684. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel
yaitu (3,86 > 1,684) yang artinya Hipotesis Diterima. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari Model Pembelajaran Aktif
Tipe Quantum Teaching berbantu Media Komik Terhadap Peningkatan Hasil
Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 20172018. |
en_US |