Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Quantum Teaching berbantu Media Komik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK NEGERI 1 MEDAN Tahun Ajaran 2017-2018.

Show simple item record

dc.contributor.author Puspitasari, Indrie Ramadhani
dc.date.accessioned 2020-11-12T04:57:06Z
dc.date.available 2020-11-12T04:57:06Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10820
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar Akuntansi siswa sebelum dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Quantum Teaching berbantu Media Komik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Medan serta mengetahui apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Quantum Teaching berbantu Media Komik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini dilakasanakan di SMK Negeri 1 Medan dengan populasi seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Medan berjumlah 144 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Sampling Purposive yang digunakan adalah kelas X Akuntansi 3 berjumlah 36 orang siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. tes yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk essay test yang berjumlah 10 soal yang sudah terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian soal dibagi menjadi dua bagian dengan rincian 5 soal pada pretest dan 5 soal pada soal posttest. Dari hasil analisis data pretes diperoleh mean 65,61 dan standar deviasi 18,16 segangkan posttest diperoleh mean 81,67 dan standar deviasi 17,08. Dan hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan dk=n-1 pada α=0,05 maka ttabel = 1,684. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu (3,86 > 1,684) yang artinya Hipotesis Diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari Model Pembelajaran Aktif Tipe Quantum Teaching berbantu Media Komik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 20172018. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Aktif Tipe Quantum Teaching berbantu Media Komik en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Quantum Teaching berbantu Media Komik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK NEGERI 1 MEDAN Tahun Ajaran 2017-2018. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account