Research Repository

Upaya Meningkatkan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Bermain Kooperatif Pada Anak mKelompok B Di RA Rahmatullah Tanjung Morawa Pembimbing

Show simple item record

dc.contributor.author Ningsih, Endang Sri Lestari
dc.date.accessioned 2020-11-12T04:50:20Z
dc.date.available 2020-11-12T04:50:20Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10816
dc.description.abstract Tujuan utama dilakukannya penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak kelompok B di RA Rahmatullah Tanjung Morawa sebelum dilakukannya tindakan kelas, untuk mengetahui penerapan kegiatan bermaian kooperatif pada anak kelompok B di RA Rahmatullah Tanjung Morawa ketika dilakukannya tindakan kelas, dan untuk mengetahui pengaruh positif dari penerapan kegiatan bermain kooperatif terhadap peningkatan sosial emosional pada anak kelompok B di RA Rahmatullah Tanjung Morawa setelah dilakukannya tindakan kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B di RA Rahmatullah Tanjung Morawa dengan jumlah 15 orang anak. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi kegiatan guru dan kegiatan anak, yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan pada tiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa perkembangan sosial emosional anak kelompok B di RA Rahmatullah Tanjung Morawa sebelum dilakukannya tindakan kelas masih belum maksimal sebab pada sebagian besar anak masih sulit untuk siap membantu teman, anak masih enggan bekerjasama terlebih dengan teman yang tidak dekat dengannya, serta masih munculnya egosentris anak ketika guru melakukan kegiatan bermain dengan alat. Penerapan kegiatan bermaian kooperatif pada anak kelompok B di RA Rahmatullah Tanjung Morawa dilakukan sebanyak dua siklus dimana kegiatan bermain kooperatif yang dilakukan ada dua bentuk yaitu permainan ular naga dan permainan boin-boinan yang dimainkan secara berkelompok dan kompetisi. Penerapan kegiatan bermain kooperatif berpengaruh positif terhadap peningkatan sosial emosional pada anak kelompok B di RA Rahmatullah Tanjung Morawa. Hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan tindakan yang mengalami peningkatan sejak prasiklus hingga siklus II dimana pada tahap prasiklus atau sebelum dilakukan kegiatan bermain kooperatif, sosial emosional anak hanya mencapai 24,44 %. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 55,56 % namun masih belum maksimal karena belum mencapai indikator keberhasilan sebesar 80 %, dan puncaknya terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 86,67 % dengan kriteria baik sekali serta telah mencapai indikator keberhasilan yang diinginkan. en_US
dc.subject Sosial en_US
dc.subject Emosional en_US
dc.subject Bermain en_US
dc.subject Kooperatif en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Bermain Kooperatif Pada Anak mKelompok B Di RA Rahmatullah Tanjung Morawa Pembimbing en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account